​DJI FPV, Mendefinisikan Penerbangan Drone Modern


Focusnusantara.com - Hanya sekilas memandang, DJI FPV berhasil memberikan bentuk yang cantik. Biaya tinggi ketika kamu memperhitungkan aksesori penting karena untuk menambah performa drone ini. Jika tidak, kamu akan kesulitan dalam melakukan akrobat dibandingkan drone DJI lainnya. DJI sudah sangat populer dan banyak digunakan oleh para professional. FPV sendiri merupakan singkatan dari First person View atau pandangan orang pertama. Jadi, dari video yang ditampilkan akan memberikan kesan yang menarik dan lebih seru.

Dibandingkan dengan seri Mavic atau Air, FPV membutuhkan pemakai yang lebih professional karena kontroler yang lebih kompleks. Tetapi DJI tidak menutup kemungkinan untuk pemula yang ingin menerbangkannya, karena ada mode “Normal” yang jauh lebih rapi. Yang paling dibanggakan dari FPV adalah kemampuannya memberikan pengalaman terbang yang impresif dan terasa modern melalui kacamata yang membuat pandangan luas. Tetapi masalah utamanya adalah FPV bukan drone yang mudah untuk diterbangkan.

Fitur Utama dan Kemampuan Terbang DJI FPV

Tidak akan salah jika kamu memilih untuk memakai drone FPV. Drone tradisional biasanya merupakan model self-build dan aerodinamika yang jauh lebih sulit untuk diterbangkan. Namun, DJI menggunakannya untuk menghasilkan drone untuk pemula maupun professional. Dalam FPV, DJI turut menyertakan pilihan mode penerbangan. Jika kamu belum pernah menerbangkan drone, sangat disarankan untuk mencoba mode Normal terlebih dahulu untuk membiasakan diri dengan kontrol dan manuver penerbangan dari drone ini.

Mode 'Normal' adalah mode yang menggunakan penentuan posisi GPS dan memanfaatkan sensor pemosisian visual depan dan bawah. Drone berperilaku seperti drone DJI lainnya dalam mode ini dan akan melayang di posisinya saat kontrol dilepaskan. Karena seri ini dirancang untuk yang lebih professional, kamu dapat mencoba mode manual. Dibandingkan dengan seri Mavic, sensor disini lebih canggih. Jika Mavic otomatis berhenti ketika sensor mendeteksi rintangan, FPV hanya akan memperlambat dan memperingati.

Mode manual dirancang untuk digunakan oleh pilot FPV yang lebih berpengalaman, karena GPS dan sensor tabrakan dimatikan. Berguna untuk yang membutuhkan kemampuan untuk melakukan aksi udara dan terbang melalui ruang sempit dengan kecepatan yang tinggi. Selain itu, ada Mode Sport yang berada ditengah-tengah 'Normal' dan 'Manual'. Mode ini menawarkan beberapa kemampuan manuver sekaligus menjaga keselamatan. Jadi, kamu masih dapat bermanuver diantara celah sempit, namun langsung berhenti ketika bahaya.

Hanya untuk memberi kamu gambaran tentang mode yang berbeda dalam hal kecepatan, mode 'Manual' mampu mencapai 87mph. Sedangkan mode 'Sport' dapat mencapai kecepatan hingga 60mph, sedangkan 'Normal' hanya sampai 33 mph.

Kualitas Gambar dan Video DJI FPV

Drone dengan kemampuan terbang selama 10 – 20 menit ini juga bisa memberikan hasil video dan gambar yang luar biasa. FPV memiliki sensor CMOS 12MP 1/2.3 inci dan kamera menawarkan lensa setara 14.66mm dengan bidang pandang 150 derajat dan aperture f/2.8. Sedangkan lensanya dapat fokus dari jarak 0,6 m hingga tak terhingga, yang berarti bahwa segala sesuatu dalam bidikan berada dalam fokus. Sehingga ini dapat memuaskan videografer amatir maupun yang sudah professional.

Drone ini mampu merekam video imersif dalam 4K pada 50/60fps dan 1080p pada 50/60/100/120fps, yang memberikan cakupan sinematik dan kreatif yang sangat besar. Plus, rekaman video dapat ditangkap dalam profil warna Standar dan D-Cinelike. Drone ini akan sangat cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman video dari celah sempit maupun yang memancing adrenalis. Tetapi bisa dibilang kualitas gambar masih kalah dari drone seri lain. Terlebih karena drone ini lebih difokuskan kepada manuver.

Namun secara keseluruhan, drone ini masih sangat layak untuk dimiliki. Jika kamu menginginkannya, Toko Kamera Fokus Nusantara ada menjual tipe drone ini secara ready stock. Jadi, kamu dapat melihatnya secara langsung. Drone sudah lagi tidak asing di mata dan telinga manusia. Sudah sering kita melihatnya di kota-kota. Namun, jika kamu ingin drone yang lebih fokus ke manuver dan yang minim sensor untuk menghadapi rintangan, DJI FPV merupakan jawaban yang paling tepat.

Untuk info yang lebih seputar Kamera DSLR, Mirrorless, Lensa ataupun aksesories fotografi lainnya maka kamu bisa langsung saja kontak kami melalui whatsapp atau cek website officialnya Toko kamera focus nusantara di www.focusnusantara.com.


Baca Juga : DJI Air 2S, Semua Orang Bisa Terbang!