Blog

Pembaruan Firmware di Beberapa Kamera Fujifilm, Sekarang Saatnya Kamu Update!

8 July 2024, 04:02:00


Pembaruan firmware utama yang dirilis oleh Fujifilm untuk kamera sensor X-Trans V membawa sejumlah peningkatan yang signifikan. pembaruan firmware utama yang telah diumumkan di X Summit Tokyo pada bulan Februari.

Pembaharuan ini di antaranya termasuk:

  1. Penambahan REALA ACE Film Simulation: Pengguna sekarang dapat menikmati simulasi film REALA ACE yang ikonik, memungkinkan mereka untuk menangkap gambar dengan karakteristik warna yang khas dari film tersebut.
  2. Perbaikan Autofokus dengan Deteksi Wajah: Autofokus telah diperbarui untuk lebih responsif saat menggunakan deteksi wajah, meningkatkan kemampuan kamera untuk mengunci fokus dengan lebih tepat pada subjek yang sedang difoto.
  3. Peningkatan Kinerja Lainnya: Selain dua fitur utama di atas, pembaruan ini juga mencakup berbagai peningkatan kinerja lainnya yang dapat memperbaiki stabilitas operasional kamera, meningkatkan kecepatan respons sistem, atau menyempurnakan pengaturan menu dan penggunaan kontrol kamera.
  4. Pembaruan firmware seperti ini sering kali memperluas dan meningkatkan fungsionalitas kamera, memberikan pengguna pengalaman yang lebih baik dalam mengambil foto dan video dengan perangkat yang sudah ada.

Pembaharuan Firmware Yang Kompatibel Pada Beberapa Kamera, pada X Summit Tokyo bulan Februari, Fujifilm mengumumkan rencana untuk merilis pembaruan firmware yang akan menambahkan simulasi film Reala Ace ke beberapa model kamera, termasuk X-H2, X-H2S, X-S20, X100VI, dan X-T5. Pembaruan ini juga diharapkan untuk mengatasi masalah yang terkait dengan autofokus, khususnya dalam mendeteksi wajah yang menyebabkan hasil positif palsu pada pengguna.

Setelah dirilisnya pembaruan firmware ini, pengguna melaporkan bahwa kinerja autofokus telah mengalami peningkatan signifikan secara keseluruhan pada semua kamera yang disebutkan. Masalah dengan hasil positif palsu pada deteksi wajah telah diperbaiki, memastikan bahwa kamera sekarang dapat mengunci fokus dengan lebih akurat dan responsif terhadap subjek yang difoto.

Pembaruan seperti ini menunjukkan komitmen Fujifilm untuk terus meningkatkan fungsionalitas dan kinerja kamera mereka melalui update firmware, memberikan pengguna pengalaman yang lebih baik dalam fotografi dengan perangkat yang sudah ada.

 

Pembaruan firmware Fujifilm X-H2S 7.00

Selain penambahan simulasi film Reala Ace yang dikenal dengan reproduksi warna yang akurat dan gradasi yang tajam, pembaruan firmware ini juga mengatasi beberapa masalah kamera yang penting. Salah satunya adalah perbaikan pada fokus kamera saat kotak hijau AF mendeteksi pupil di berbagai bagian wajah. Masalah ini sering kali mengganggu, tetapi dengan pembaruan ini, kamera dapat memfokuskan dengan lebih tepat pada area yang diinginkan, seperti mata, yang krusial dalam fotografi potret. Selain itu, pembaruan ini juga memperbaiki bug langka yang menyebabkan kamera mengalami pembekuan saat tombol rana ditekan setengah dan saat operasi pengukuran cahaya "AF Illuminator" dilakukan secara bersamaan.

Perbaikan ini pastinya akan meningkatkan stabilitas dan keandalan operasional kamera dalam berbagai situasi pengambilan foto. Dengan pembaruan firmware ini, Fujifilm tidak hanya memperkenalkan fitur baru yang menarik seperti simulasi film, tetapi juga meningkatkan kualitas dan kenyamanan penggunaan kamera dengan memperbaiki bug yang mengganggu. Ini menunjukkan komitmen mereka untuk memberikan pengalaman fotografi yang lebih baik kepada pengguna mereka. 

 

Pembaruan Firmware Fujifilm X-H2 5.00

Pembaruan untuk X-H2 mencakup pembaruan yang disebutkan untuk Fujifilm X-H2s dan beberapa lagi, termasuk bila guncangan kamera besar selama perekaman film dalam kondisi berikut, tepian hitam akan muncul pada sisi layar dalam kasus yang jarang terjadi.Kondisi pengaturan dengan mode film: FHD 16:9・Mode IS (Film): Ibis/OIS+DIS.

Bila tombol pelepas rana ditekan sepenuhnya tanpa menekannya setengah dalam kondisi berikut, kamera akan membeku dalam beberapa kasus yang jarang terjadi. Kondisi pengaturan seperti mode pemotretan: CH High-Speed Burst atau CL Low-Speed Burst・Jenis Rana: Mekanik, E-Front Curtain, Elektronik・Mode AF: AF-S atau AF-C・Pengaturan AF/MF: Lepas・AF Rana: Mati

 

Pembaruan firmware Fujifilm X-T5 4.00 dan Fujifilm X-S20 3.00

Pembaruan untuk kedua kamera tersebut meliputi simulasi film Reala Ace, yang mengatasi bug yang disebutkan pada Fujifilm X-H2s, ditambah yang berikut ini:

Kamera membeku dalam beberapa kasus yang jarang terjadi saat merekam film dengan monitor eksternal yang tersambung dalam kondisi berikut. Mode film:

  1. 4K 16:9/59.94P
  2. Pengaturan media Rec: H.264/422 Mov
  3. Mode IS (FILM): IBIS/OIS+DIS
  4. Pengaturan output hdmi: Tampilan info Output hdmi aktif. 

 

Pembaruan firmware FUJIFILM X100VI 1.11

Fujifilm X100VI sudah memiliki simulasi Reala Ace, tetapi mendapat peningkatan yang sama seperti X-T5 dan X-S20, ditambah satu perbaikan untuk masalah berikut kamera membeku saat menetapkan “ND Filter” ke fungsi sentuh Fn dan menjalankan fungsi Fn dalam kondisi pengaturan berikut. Pengaturan Fujifilm XApp:Pengoperasian tombol Rekam Fn>Pengaturan Rekam Aktivitas kamera.

 

Semua pembaruan firmware dapat diunduh gratis dari halaman pembaruan Fujifilm. 

Klik: Pembaruan Firmware Fujifilm

 

Source : Website Focus Nusantara, Website Fujifilm

Penulis : Admin Focus Nusantara

Date : 08 Juli 2024

Share :